Ternyata Kebiasaan Sering Manasin Nasi di Magic yang Kamu Anggap Sepele Ini Ternyata Bisa Membahayakan Kesehatan! SIlakan di Read ya......

Magic com adalah alat penanak nasi modern yang sudah umum digunain oleh ibuk-ibuk jaman sekarang. Eh gak cuma ibu rumah tangga, mahasiswa pun juga banyak yang menggunakan. Hampir sebagian besar warga Indonesia telah memilikinya. Pasalnya, Alat ini dinilai sangat praktis. Tinggal masukin nasinya, pencet, udah deh nunggu nasinya matang.

Namun dibalik kepraktisan itu ternyata ada bahaya yang tidak diketahui banyak orang. Beberapa studi, mengatakan bahwa memanaskan nasi di Magic Com terlalu lama bisa memicu diabetes. Umm, bener nggak, ya?

Memanaskan nasi di Magic Com lebih dari 12 jam memicu diabetes?

Nasi yang dihangatkan terlalu lama di magic com (tepatnya selama 12 jam), disebut-disebut bisa menjadi "racun" dan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Benarkah demikian?

Faktanya, pada saat nasi dipanaskan dengan suhu tinggi dalam magic com, gugus atom dari karbohidrat akan terpecah menjadi lebih sederhana dan menghasilkan kadar IG (Indeks Glikemik) yang lebih tinggi. 

Apabila nasi yang masih anget ini dikonsumsi, nantinya dalam tubuh pati bakal lebih mudah diubah menjadi glukosa, sehingga meningkatkan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah secara terus-menerus bisa memicu penyakit degenaratif, seperti diabetes (kencing manis).

Nasi panas memang menaikan kadar gula darah, tapi efeknya tidak signifikan

Beberapa pakar gizi menyatakan bahwa mengonsumsi nasi yang dihangatkan selama 12 jam di dalam magic com enggak berbahaya.

Menurut dr Verawati S, SpGK dari RS Kemang Medical Care (KMC), nasi yang dihangatkan terlalu lama memang meningkatkan memicu kenaikan kadar gula, tapi hanya sedikit.

"Nasi hangat memang indeks glikemiknya naik, sedikit tapi tidak banyak. Nasi ditaruh di kulkaspun kalau dihangatkan nanti indeks glikemiknya akan naik lagi," ungkap dr Vera.

Berbahaya bagi penderita diabetes!!

Sejalan dengan Dr .Vera, Menurut pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, tidak ada efek signifikan terkait jangka waktu pemanasan nasi dengan kesehatan.Selama higenis dan tidak terkontaminasi, ya no problem.

"Banyak rumah makan yang memanaskan nasi lebih dari 12 jam dan tidak berefek negatif saat dimakan. Selama tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, aman dikonsumsi," pungkas Jansen, seperti yang dikutip dari detikHealth.

Jansen menambahkan, nasi yang dihangatkan dalam Magic com tidak berbahaya bagi orang sehat. Namun perlu dihindari oleh pasien diabetes, sebab kenaikan IG dalam nasi yang panas bisa menyebabkan kadar gula darah penderita diabetes naik drastis.

"IG hanya berbahaya untuk pasien diabetes. Tidak bisa disamakan sensitivitas insulin olahragawan, orang sehat dan pasien diabetes. Semua bergantung pada kondisi kesehatan, terutama organ pankreasnya. Ini berarti nasi yang dihangatkan aman dikonsumsi orang sehat," 

Nasi dingin lebih baik dikonsumsi daripada nasi panas

Mengonsumsi nasi yang baru dikeluarin dari magic com, dan masih anget-anget memang menggoda selera. Tapi nyatanya kebiasaan ini kurang baik lho. Justru nasi dingin itulah yang menurut penelitian lebih aman buat dikonsumsi, ya meskipun kurang disukai.

Sebab nasi dingin memiliki kandungan kadar gula yang lebih rendah, jadi boleh banget dikonsumsi oleh siapapun, asalkan nasinya enggak basi.

[abciptarasa]

Subscribe to receive free email updates: