Wajib Tau!!! Zika juga menular melalui s3ks!!!


WASPADA | Meski Zika berisiko tinggi, ketenangan tetap diperlukan dalam menghadapinya. Jika ragu hubungilah dokter.
© Antyo /Beritagar.id
Mulanya Zika diketahui menular melalui gigitan nyamuk Aedes (infografik, 1/2/2016). Seiring perkembangan kasus ternyata Zika juga menular melalui cara lain, misalnya hubungan seks.

Perkembangan terbaru: pekan ini Pemerintah Indonesia menerbitkan saran bagi warga untuk berhati-hati jika akan mengunjungi Singapura.

Lalu apakah Zika dapat mengakibatkan kematian? Sejauh ini belum ada data resmi.

Jika menyangkut mikrosefali, kemungkinan buruk yang sudah diakui adalah kebutaan dan ketulian pada bayi hingga gangguan perkembangan otak si bayi. Selain itu juga kemungkinan bayi meninggal dalam kandungan (The New York Times, 29/7/2016).

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laman darurat Zika, Juli lalu, menyatakan terus berupaya melawan Zika. Termasuk di dalamnya adalah mendukung riset (WHO, "Emergencies", 15/7/2016).

Tentang infografik ini, rujukan utamanya adalah laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (CDC) Amerika Serikat.

Ketika menata infografik ini siang tadi, Beritagar.id sudah menelepon nomor SMS Kementerian Kesehatan yang ada dalam infografik versi lama. Hasilnya adalah tanggapan berupa SMS berisi nomor tiket. Nomor ekstensi yang dianjurkan oleh operator tak berjawab.

Sejauh ini laman Kemenkes sudah memuat dua spanduk vertikal tentang Zika.

[beritagar.id]

Subscribe to receive free email updates: