Waspada Banyak Obat Kadaluarsa di Jual Lagi, Seperti ini Cara Mengetahui Obat Kamu Masih Layak Kosumsi Atau! Bantu Sebarkan!

Buat kamu yang suka mengkonsumsi obat – obatan mungkin suplemen makan, obat penambah daya tahan tubuh atau obat kesehatan lainnya, sebaiknya kamu harus lebih berhati – hati lagi karena saat ini banyak sekali beredar obat palsu yang sejatinya sudah kadarluwarsa namun dijual lagi oleh oknum – oknum tak bertanggung jawab.

Berdasarkan laporan dari Direktorat Reskrimus Polda Metro Jaya melaporkan jika baru – baru ini telah ditemukan sejumlah obat yang kadaluarsa tapi masih dijual di beberapa toko di Pasar Pramuka, Jakarta. Selain di ibukota, obat kadaluarsa juga ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya kasus obat tak layak konsumsi di RS Pandeglang Banten serta Puskesmas Sumenep.


Nah, jika sudah begini pasti akan menyebabkan sejumlah masalah bagi pengguna obat tersebut mulai dari kasus keracunan sampai kasus kematian.

Untuk itu , dalam membeli obat yang baik digunakan sebaiknya konsumen harus lebih jeli lagi dalam membedakan obat yang layak dikonsumsi atau tidak.
Seperti yang dilansir dari Keepo.me, inilah dia beberapa cara mengetahui obat yang layak konsumsi atau tidak.

Jenis-jenis obat kadaluarsa yang paling banyak dijual


Tips pertama dalam memilih obat yang baik dikonsumsi yakni dengan mengetahui jenis – jenis obat kadarluarsa yang paling banyak dijual. Hal ini dikarenakan pemalsuan tanggal kadaluarsa obat ini dipicu sama kepentingan ekonomi. Jadi nggak heran kalau obat kadaluarsa yang banyak dijual adalah yang paling sering dikonsumsi orang banyak. Menurut keterangan Kombes Fadil, obat-obat itu termasuk obat kolesterol, diare, penurun panas, penurun kadar gula, dan penurun tekanan darah.

Dari mana kita tahu obat itu kadarluarsa

Kamu bisa mengetahui apakah obat tersebut kadarluarsa atau tidak bisa dilihat dari tanggal exp obat tersebut.

Lihat tanggal kadaluarsanya baik-baik

Kombes Fadil mengungkapkan kalau pemalsuan tanggal obat itu bisa dibedakan antara jenis font dan ketebalan huruf yang digunakan.

Perhatikan kemasannya

Judge the medicine by the cover melaporkan jika kemasan obat sudah sedikit pudar dan berwarna lebih kusam, artinya usia obat sudah lama dijual dan sebaiknya jangan dibeli.

Apa akibatnya kalau minum obat kadaluarsa?

Konsumen yang ketipu dan mengkonsumsi obat kadarluarsa ini bisa menyebabkan penurunan efektivitas, bisa jadi komposisi kimia di dalam obat itu berubah. Bukannya bikin sembuh, malah bikin kita terkena penyakit lain yang lebih berbahaya. Beberapa obat kadaluarsa juga beresiko jadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Nah, itulah dia kelima cara membedekan obat yang baik dikonsumsi atau tidak. Dengan adanya kasus obat kadarluarsa yang beredar di pasaran , diharapkan masyarakat semakin berhati-hati dalam membeli dan mengkonsumsi obat. Kesehatan tubuh menjadi aset termahal dalam hidup sehingga jangan suka minum obat sembarangan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan membuat kita lebih waspada lagi dalam membeli obat. Jangan lupa di Share ya !

[fasthinkgo]

Subscribe to receive free email updates: